mencari backlink berkualitas
Mencari Backlink berkualitas

Rahasia Mencari Backlink Untuk Mendatangkan Trafik

Diposting pada

Secara sederhana backlink dapat diartikan sebagai tautan balik yang mengarah kehalaman situs atau website atau blog.

Jika kita menjumpai sebuah tulisan atau gambar yang membawa kita ke halaman lain dari sebuah blog ketika tulisan atau gambar tersebut diklik, maka itulah yang disebut tautan atau link atau backlink.  

Backlink merupakan hal terpenting dalam melakukan teknik SEO. Sedangkan SEO berkaitan erat terhadap trafik atau kunjungan ke sebuah situs melalui jasa search engine tanpa harus mengeluarkan biaya iklan.

Jadi backlink sangat diperlukan jika menginginkan blog kita memperoleh kunjungan gratis setiap hari dari search engine. Berikut ini gambaran kunjungan gratis dari search engine :

Pengguna internet => Mencari informasi melalui Search Egine ( google.com, yahoo.com, msn.com, dll ). => Mengetikkan kata kunci => Search Egine menampilkan situs – situs yang berhubungan dengan kata kunci yang diketik ( berurutan dari yang dianggap paling penting oleh Search Egine ) => Pengguna internet meng-klik salah satu situs ( situs yang tampil paling atas biasanya menjadi pilihan utamanya ) => Jadilah si pengguna internet tersebut pengunjung dari situs yang ditampilkan oleh Search Egine.

Search engine ini menampilkan situs – situs pada websitenya tanpa memungut biaya sepeserpun.

Lantas apa tujuan dari search engine ini menampilkan situs –  situs secara gratis?, tidak lain adalah untuk menyediakan informasi yang relevan kepada pengguna Search Egine tersebut.

Lalu dari mana situs search engine mendapatkan keuntungan?, tentu saja dari program periklanan yang tawarkan. 

Lihat saja website search engine google yang terkenal dengan program periklanan adwordsnya.

Cari backlink yang berkualitas, jangan asal backlink saja. Karena jika salah dalam membangun backlink, bukan situs kita diurutan pertama Search Egine tapi malah jauh dari peringkat yang diberikan oleh Search Egine.

Bahkan lebih fatal lagi situs kita akan didepak dari list Search Egine. Jadi perhatikan jenis –  jenis backlink dalam hal kegitan cari backlink.

Jenis-jenis Backlink

Kualitas backlink

Lebih perhatikan kualitas sebuah backlink dari pada kuantitasnya. Kualitas sebuah backlink diperhitungkan pagerank halaman backlink berasal, banyaknya pembagian backlink dari sebuah halaman backlink berasal.

Anchor text backlink

Backlink dengan anchor text lebih diperhitungkan oleh Search Egine dari pada hanya sekedar link yang tidak mengandung anchor text.

Anchor text merupakan jenis backlink dengan menggunakan kata kunci sebagai tautan menuju ke situs tertarget. Ini sangat di sukai oleh Search Egine, termasuk google.com.

Relevan keyword  backlink

Backlink dari halaman situs yang setema atau relevan dengan blog atau website kita.

Edu atau gov backlink

SE sangat memperhitungkan backlink yang berasal dari situs atau website  dengan extention .gov atau .edu.

Web 2.0 backlink

Cari backlink dari situs jejaringan social seperti facebook, twitter, untuk mendobrak ranking situs anda di Search Egine.

Search Egine sangat menyukai situs jejaringan social karena setiap saat situs jenis ini diupdate oleh penggunanya dengan meninggalkan komentar ataupun menulis konten baru.

Dofollow nofollow backlink

Nofollow backlink adalah jenis backlink yang memberikan tanda kepada search engine supaya tidak memberikan kredit kepada suatu link atau tautan, sedangkan dofollow backlink adalah yang sebaliknya.

Kode link untuk nofollw link adalah seperti ini . rell=”nofollow” ini yang membedakan antara nofollow dan dofollow backlink.

Silahkan cari backlink yang nofollow dan dofollow secara bijak untuk situs anda. Menggabungkan kedua jenis backlink akan terlihat natural dimata SE, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan nofollow backlink.

Natural backlink

Dari serangkaian kegiatan cari backlink untuk sebuah website atau blog, sebaiknya kita tetap memperhatikan agar backlink – backlink yang kita bangun untuk blog kita terkesan natural dimata search engine. Nah, supaya backlink yang ngelink ke situs kita tampak natural, jangan hanya menggunakan salah satu jenis backlink saja. Anda bisa menggabungkan beberapa jenis backlink diatas  dalam membangun untuk situs anda.

Kita bisa cari backlink – backlink diatas dengan berbagai cara, diantaranya dengan meninggalkan komentar di blog lain, mengirim artikel ke direktori, aktif di situs jejaringan sosial, aktif di forum, beriklan di situs iklan baris gratis, press release, social bookmark, menulis testimoni produk, menggunakan software backlink building, dll.

Cari backlink berkulitas antara 30 – 60, sudah cukup untuk mendongkrak posisi blog kita, ketimbang mengkoleksi rubuan backlink dengan kualitas rendah .

Baca Artikel lain di blog ini 7 Tips Meningkatkan Jumlah Komentar Di Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *