Bisnis online Sampingan
bisnis online sampingan

Bisnis Sampingan Internet Marketing selain Iklan dan Program Afiliasi

Diposting pada

Bisnis Sampingan Internet Marketing – Banyak sekali bidang yang ditawarkan dalam bisnis online. Semua itu menjanjikan bagi mereka yang telah menguasainya, namun bagi Pemula biasanya diarahkan oleh E-book yang dibelinya atau hasil dari workshop adalah 2 hal berikut yaitu iklan dan program afiliasi.

Bagi yang sudah mahir atau berpengalaman, memang harus diakui 2 bidang ini yang relatif lebih gampang dibandingkan lainnya. Mengapa demikian? Ya karena relative tidak terlalu ribet dan membutuhkan skill yang tinggi. Namun tidak juga bisa dikatakan mudah karena masih dibutuhkan juga kerja keras, traffic dan inovasi.

Bidang-bidang lain tersebut selain iklan dan program afiliasi adalah sebagai berikut:

Content Writer

Bidang ini masih sangat menjanjikan bagi mereka yang sudah biasa menulis konten berbahasa Inggris karena banyak pemilik website yang kesulitan menyediakan konten blognya yang update secara regular. Penyewa jasa Content Writer biasanya terjadi karena berbagai sebab misalnya malas menulis, terlalu banyak blog yang diurus, tidak mahir dalam berbahasa Inggris dan sebagainya.

Baca Juga : Model Bisnis Online yang Terbukti dengan Modal Sedikit

Mereka yang berminat tentu telah berhitung dengan hasil iklan yang dipasang diblog mereka. Misalnya pendapatan adsense lebih dari 2 juta untuk satu blog saja sementara pembelian konten (artikel) secara paket kurang lebih hanya sejuta rupiah sebulannya.

Yang menggiurkan dari jasa ini adalah Anda langsung mendapatkan uang di muka sebagai tanda jadi. Bila pemakai jasa Anda puas, mereka tentunya akan memesan kembali dan bahkan akan memberitahukan kepada temannya tentang kualitas artikel yang telah Anda hasilkan.

Yang perlu Anda jaga adalah hasil kualitas artikel, komitmen waktu dan jangan pernah menyalahgunakan kepercayaan mereka atau bahasa kerennya “Menipunya” karena hal itu akan menghancurkan kredibilitas Anda di mata konsumen.

Honornyapun bisa dibilang tidak kecil. Satu artikel dengan 300-350 kata akan dibayar sekitar US$2-2,5. Biasanya mereka akan memesan dalam jumlah besar antara 20-50 artikel. Pemesan akan menentukan keyword yang harus Anda buat. Rp 500.000-1.000.00 akan Anda dapatkan bila memang pesanan datang.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan pekerjaan sebagai Content Writer, biasanya akan mendapatkan omelan atau damprat dari mereka karena hasilnya kurang memuaskan atau tidak sesuai dengan keyword yang mereka inginkan. Namun jangan kuatir, lama-lama juga akan terbiasa dan mahir.

Jasa-jasa lainnya yang mungkin Anda berminat dan Kuasai seperti:

  • Jasa Pembuatan website
  • Jasa SEO untuk sekali kerja atau paket
  • Jasa Link Building
  • Jasa Membuat Logo, Header atau CTA (Call to Action)
  • Jasa Promosi Video
  • Jasa Facebook Like FansPage dan Twitter Follower
  • Jasa Social Bookamarking dan article directory
  • Jasa pembuatan Akun Adsense
  • Dll

Dibutuhkan skill dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan di atas. Yah.. minimal 2 tahun Anda telah berkecipung di dunia online atau bisnis blogging.

Jadi Broker

Bagi Anda yang kurang berpengalaman atau tidak mau ribet dengan tetek bengek skill di atas bisa beralih menjadi Broker saja. Pekerjaan Broker tidak hanya ada di dunia nyata, namun juga dunia maya. Kenallah dan bersahabatlah kepada para Master yang biasa melakukan jasa-jasa tersebut.

Bila telah mendapatkan order dari mereka yang membutuhkan, pasanglah harga yang Anda inginkan dan yang penting ada selisih keuntungan (Profit Margin) buat Anda, misalnya 5-15%. Pekerjaannya bisa Anda limpahkan ke mereka yang telah berpengalaman. Pilihlah mereka yang berani memberi jaminan/garansi hasil dan sudah sering dipakai oleh pihak lain dan si pemakai merasa puas.

Lho kok kecil ya?! Ehh jangan anggap enteng dulu. Biasanya pemakai jasa akan memesan berbagai jasa yang Anda tawarkan lebih dari satu paket dan terjadi kontinuitas hanya untuk satu konsumen saja. Coba kalau itu lebih dari 5 konsumen setiap bulannya, hasilnya tentu tidak main-main.

Step berikutnya adalah Bagaimana Cara Memasarkan Jasa-jasa tersebut?

  1. Melalui blog yang Anda buat. Sesuaikan websitenya dengan pasar Dalam Negeri atau Luar Negeri.
  2. Pasarkan melalui Forum-forum. Contoh forum yang bisa Anda coba adalah adsense-id.com
  3. Bisa dipasarkan secara offline.
  4. Dengan menjadi Guest Blog.
  5. Dari mulut ke mulut terutama mereka yang berminat di dunia blogging dan toko online.
  6. Bisa juga memasang iklan di Koran atau majalah. Banyak kok sekarang para Pebisnis yang berniat memasarkan produk atau jasa mereka melalui website atau toko online, namun tidak tahu cara membuat website sampai promosinya.
  7. Melalui situs jejaring social seperti Facebook, Twitter dan Google+.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *